Jumat, 25 Desember 2015

Untuk Papah (1)

Bantalku basah. Mukenaku basah. Sajadahku basah.
Iya pah lily masih nangis tiap hari. Masih ingat dgn jelas setiap detik hari dimana papah pergi. Saat angkat telfon mami yg nangis. Saat harus flight dgn nangis sepanjang jalan dr limboto-solo. Saat menunggu jenazah papah masuk rumah. Saat harus meyakinkan diri bahwa org dgn kafan itu adalah papah.
Dn aku menghabiskan sepanjang malam dgn duduk di samping jenazah papah, hampir selalu sendirian, ga ngantuk sama sekali pah. Aku cuma takut dn sedih nggak bisa liat papah lg besok2, aku mau puas2in liat wajah papah malam itu, cium papah sesekali. Kulit papah dingin.
Sampai akhirnya papah diangkut lagi untuk dikuburkan. Berkali2 aku liat dan baca nisan papah. Berkali2. Aku ga percaya pah nama papah disitu. Aku ga mau percaya pah. Tp kenyataannya itu nama papah. Nama papahku, kesayangan aku. Papahku meninggal memang benar adanya. Papahku pergi untuk selamanya hari Rabu, 16 Desember 2015.

Lily yakin papah udh tenang disana. Muka papah waktu itu nunjukkin itu kok pah. Putih bersih dn nyaris senyum. Papah ganteng.

Cuma selalu kangen pah. Ingat papah tiap detik. Tiap ngapain aja. 
Tiap ada yg ucapin belasungkawa. Tiap ada yg nyemangatin. Tiap makan kesukaan papah. Tiap jalan ketempat2 yg pernah sama papah. Tiap ngbrol sama mami. Tiap mau tidur. Tiap solat. Tiap berdoa.
Kangen pah. MasyaAllah kangennya..

Sedih juga pah tiap liat mami nangis saat ada org2 yg ngmng soal papah atau saat mami inget papah cerita2 sama aku. Aku mau nangis juga pah. Tp siapa ntr yg bakal hapus air mata mami?

Semua org bilang kalau kayak gini karena belum ikhlas.
Apa sih ikhlas sbnrnya pah?
Saat lily ga nangis atau sedih lg saat inget papah gtu? Atau apa?
Lily sadar pah ini yg terbaik. Makanya nggak minta papah untuk kembali.

Lily punya pilihan apa lagi sih pah selain harus kuat. Kalo nurutin hati mau diam aja pah, ga mau balik ke limboto. Ga tega pah ninggalin mami. Bahkan sampai hari ini mami msh selalu bilang belum mau pulang kerumah pah. Mami msh tidur dirumah opa. Lily hrs gmn pah? Kasih tau lily pah.

Orang2 ngerti ga sih pah ini berat? Ini sangat nyakitin, ini pukulan banget pah. Rasanya dunia lily nyaris hancur. Rasanya kayak robot, tetap hidup tp seadanya apa adanya begitu2 aja.
Bukan ga mau normal lg. Bukan ga mau sperti dulu.
Tp semua butuh waktu. Iya kan pah?
Butuh waktu yg banyak dan doa yg ga putus untuk semua ini.

Semoga papah bahagia, tenang, dilapangkan kuburnya, diampuni segala dosanya dan diterima segala amalannya.
Semoga mami selalu kuat, kembali semangat dan bahagia.
Semoga dodot bisa jd kebanggaan papah, sukses buat papah dn ga ngecewain papah mami.
Semoga mas adi dan keluarganya sehat bahagia selalu.
Dan semoga lily bisa mewujudkan segala harapan papah, bisa jd contoh buat dodot, bisa jagain dn bahagiain mami.

Cinta yg ga ada batasnya dan doa yg ga ada putusnya selalu buat papah.
I miss you so much pak BPK.

0 komentar:

Posting Komentar