Senin, 21 April 2014

Selamat datang 23 tahun, Selamat datang Hipertiroid

Karena sekarang sudah lebih tenang, aku mau menceritakan sesuatu :)
Sebenarnya sudah dua minggu di bulan april ini aku merasa tidak enak badan, sempat sakit jg dan kedokter umum lalu diberi obat lambung padahal sudah lama aku merasa tidak sakit maag walau aku punya maag semenjak SMA.
Kamis malam tanggal 17 April, aku merasa lemas dan perasaanku tidak enak. Secara spontan aku memutuskan ke dokter spesialis penyakit dalam yg infonya aku dapat dari seorang teman.
Sesampainya di dokter aku mengeluhkan keadaanku selama dua minggu ini yaitu:
1. Tremor-tangan bergetar
2. Badan terasa lemas
3. Melakukan aktivitas biasa misal menyapu kamar kos mudah merasa capek lalu napas ngos2an
4. Detak jantung cepat sperti orang hbs berlari
5. Sering kegerahan lalu berkeringat banyak

Lalu dokter memeriksa detak jantung dan tremor (getaran di tangan). Setelah itu beliau mendiagonsa bahwa aku terkena HIPERTIROID atau basedhof atau gondok dalam. Nama penyakit yg belum pernah aku dengar sebelumnya. Dokter bilang penyakit ini bisa sembuh namun harus konsumsi obat dalam jangka waktu panjang.
Obat yg diberikan oleh dokter ada dua yaitu propranolol (obat untuk menekan pacu jantung yg terlalu cepat) dan thyrozol 10mg (obat utk mengatur hormon tiroid). Masing2 diminum 2 kali sehari sehabis makan.
Efek samping penyakit ini adalah yg paling parah hipertensi dan gagal jantung. 
Sehabis pemeriksaan dokter memintaku untuk tes darah di hari sabtu untuk memastikan kadar T3 dan T4 ku.
Aku yg masih kaget dgn vonis dokter sesampainya dikos lalu googling utk mencari info lbh jauh ttg hipertiroid. Berikut informasi yg aku dapatkan:
-Tiroid adalah kelenjar yang terdapat pada bagian leher depan, menempel pada trakea di bawah laring. Kelenjar ini menghasilkan hormon triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4).
-Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana suatu kelenjar tiroid yang terlalu aktif menghasilkan suatu jumlah yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid yang beredar dalam darah.
-Beberapa penyebab-penyebab umum dari hipertiroid termasuk:
1. Penyakit Graves
2. Functioning adenoma ("hot nodule") dan Toxic Multinodular Goiter (TMNG)
3. Pemasukkan yang berlebihan dari hormon-hormo tiroid
4. Pengeluaran yang abnormal dari TSH
5. Tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid)
6. Pemasukkan yodium yang berlebihan
-Pada umumnya, gejala-gejala menjadi lebih jelas ketika derajat hipertiroid meningkat. Gejala-gejala biasanya berkaitan dengan suatu peningkatan kecepatan metabolisme tubuh.
Gejala-gejala umum termasuk:
1. Keringat berlebihan
2. Ketidaktoleranan panas
3. Pergerakan-pergerakan usus besar yang meningkat, cepat lapar
4. Gemetaran/ tremor
5. Kegelisahan; agitasi
6. Denyut jantung yang cepat
7. Kehilangan berat badan
8. Kelelahan
9. Konsentrasi yang berkurang
10. Aliran menstrual yang tidak teratur dan sedikit

Disadur dari totalkesehatananda.com

Dari apa yang aku baca, penyakit ini bisa disembuhkan tergantung dari keteraturan pasien meminum obat dan ada beberapa kasus yg kambuh hipertiroidnya setelah sembuh beberapa tahun. Intinya pola makan dn pola hidup harus diubah setelah menderita penyakit ini.

Sabtu pagi aku melakukan cek darah. Lalu diminta sore hari utk mengambil hasil dan mendapat penjelasan dokter. Dari hasil cek darah aku positif menderita hipertiroid krn kadar T3 dan T4 melampaui normal yaitu:
-T3 : hasil 4,74 dengan nilai rujukan (normal) 0,8-2,0
-T4 : hasil 24,20 dengan nilai rujukan (normal) 5,1-14,1

Dengan hasil yang seperti ini aku diminta dokter mengkonsumsi obat secara teratur dan dilarang keras minum kopi agar detak jantung terjaga.
Sebulan sekali aku harus rutin check up kedokter dan menebus obat.
Semoga penyakit ini cepat berlalu. Ujian baru di umur yg baru saja menginjak 23 tahun di tanggal 14 april kemarin.
Tapi ga papa semoga ini cara Allah utk mengajarkan kan aku sesuatu. 
La takhaf Wa La Tahzan Innallaha Ma'ana :)

10 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagaimana sekarang hipertiroidnya? Sudah normalkah? Saya baru terkena hipertiroid, mohon untuk sharing.. terimakasih

Unknown mengatakan...

Bagaimana sekarang hipertiroidnya? Sudah normalkah? Saya baru terkena hipertiroid, mohon untuk sharing.. terimakasih

Unknown mengatakan...

Aslkm, mau sharing saja, saya juga pernah terkena hipertiroid, alhmadulillah sekarang sudah sembuh, kalau mau sharing lewat wa / line, hp saya 08158130450

Aprillia Sherly Kusuma Wardhani [@she_april] mengatakan...

Halo mbak ulfa
Aku ckup cepat sembuh dari hipertiroid krn konsumsi obat teratur dn aku banyak istirahat.
Jgn stres mbak.
Kalo boleh tau mbak lokasi dmn?

Fuji syifa mengatakan...

Mb aprilia sherly, cepat nya brp bln mb.
Bagi2 tipsnya donk.
Aq kena gondok beracun, udh 3 bln ni pengobatannya.

Langit Merah Jingga mengatakan...

Assalamu'alaykum
Maaf kak, mau tanya sudah sembuhkan hipertiroidnya?
Saya juga di vonis tiroid yg sedang menuju ke hipetiroid. Terus terang hal itu membuat sy agak stress kak. Sy bingung harus berbuat apa. Kerja dikit lemes,jantung dag dig dug, keringetan. Sharing dong kak.

Aprillia Sherly Kusuma Wardhani [@she_april] mengatakan...

Waalaikumsalam mbak Langit Merah Jingga
Saya sempat merasa pulih dari hipertiroid sepanjang 2015
Tapi kambuh lagi dari tahun lalu sampai sekarang
Malah hasil lab terakhir saya jadi Hipotiroid

Saran saya mbak jangan stres karena ini penyakit hormon jadi perasaan dan pikiran sangat berpengaruh
Sudah kedokter SPPd?
Ikutin dosis obat yg diberikan dokter dan rajin check up
Mumpung masih awal mbak biar efeknya ga kemana2
Semangat ya :)

SUPER HUMAN mengatakan...

mbak aprilia, hasil labnya kok hypotiroid?
mbak ambil tretmen RAI (radioactive iodium) atau udah operasi ya?
salam kenal dari sy yang baru kena hipertiroid..

jusinfiniti mengatakan...

JUTAWAN HERBS, ada penawar untuk anda sembuh daripada pelbagai penyakit kanser yang telah Terbukti berkesan dan turut dipercayai pesakit2 kanser di seluruh malaysia dan luar negara. Menjadi produk yang wajib dibawa ke mana sahaja, Produk keluaran JUTAWAN HERBS adalah pengeluar produk yang berpengalaman mengubati pelbagai penyakit kanser. Kami memiliki testimoni daripada pesakit2 kanser yang telah sembuh /bebas kanser yang disahkan oleh doktor sendiri. Adakah anda @ orang yang tersayang serta rakan2 anda sedang bertarung dengan dengan kanser ketika ini? Ya! Anda telah buat pilihan yang tepat kerana memilih JUTAWAN HERBS! Dapatkan segera produk kami Anda akan kami 'invite' ke WhatsApp Group kami yang terdiri daripada pesakit2 kanser. Ramai yang gerun dengan rawatan Kimoterapi, dengan Group WhatSApp kami,anda boleh mendengar sendiri perkongsian daripada ahli group yang tetap kuat, dan bertenaga menjalani kehidupan seharian dengan sokongan Jus keluaran JUTAWAN HERBS ini. Marilah bersama2 mengumpul semangat juang bersama pesakit kanser yg lain. Jangan terus buang masa, kita tak akan sembuh dengan hanya menunggu tanpa usaha dan keyakinan, kita yang perlu mencari penawar untuk sembuh, kita berhak memilih untuk sembuh! Kita berhak memilih hanya yang terbaik!! 017 468 7570 EN MOHD ZUHAIRI BIN NOORDIN PENGASAS DAN PEMILIK JUTAWAN HERBS WhatsApp sekarang...

jusinfiniti mengatakan...

Layari laman web jusinfiniti.blogspot.my utk testimoni dan jika mahu lebih banyak lagi jadi lah ahli grup psakit2 saya anda akan bertemu lebih banyak pesakit2 yang telah sembuh dan juga pesakit2 yang masih sedang berjuang melawan kanser

Posting Komentar